Desa Harapan Tempat Kordinasi Bawaslu Barru dan KPU Barru dan Bawaslu Soppeng

oleh

BARRUPOS.ID–Untuk mengoptimalkan fungsi pengawasan tiada hari tanpa kordinasi salah satu diantaranya adalah bagaimana melakukan pencegahan lebih dini, sebagaimana tugas pengawas pemilu salah satunya adalah melakukan pencegahan sebelum terjadi sebuah pelanggaran, dengan kegiatan kordinasi lintas wilayah perbatasan sangat membantu tugas pengawas dimana dalam kordinasi tersebut ada beberapa hal yang dapat disampaikan dan bisa terselesaikan dengan salah satunya adalah informasi yang berkaitan dengan pemilih yang memenuhi syarat sebagai pemilih dapat terakomodir didalam daftar pemilih.

Yang sementara dilakukan pencocokan dan penelitian atau coklit yang dilakukan oleh PPDP yang diawasi ketat oleh Pengawas Desa atau kelurahan dalam wilayah perbatasan khusunya di Desa Harapan, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua KPU Barru Syarifudin bersama Komisioner dan Ketua KPU Soppeng Muh Hasbi, beserta komisioner serta ketua bawaslu soppeng Winardi bersama anggota masing masing Nurlaela kirdiv PHL dan M Jalil kordiv SDM dan hadir juga ketua bawaslu kabupaten barru Muh Nuralim, S.Hi beserta kordiv PHL bawaslu kabupaten barru Ir. H.Abdul Mannan, M.Si., MH, serta para ketua dan anggota PPK baik Kabupaten Soppeng maupun kabupaten Barru, serta PPS dan PPDP mading – masing kabupaten dslam lingkup lintas batas yakni Kabupaten Soppeng dengan Kabupaten Barru.

Kegiatan ini dipasilitasi oleh pemerintah Desa Harapan beserta staf dalam wilayah Kecamatan Tanete Riaja,
Sekaitan dengan kegiatan kordinasi ini tentu ada beberapa pemilih yang telah disandingkan data by name by adreas pada kedua wilayah yang telah melakukan coklit dimasing masing TPS yang sudah ditetapkan.

Menurut kordiv pengawasan Bawaslu Kabupaten Barru, Ir. HAbdul Mannan, M.Si.,MH via telpon, Kamis (23/7/2020) pilkada kali ini berbeda dengan pilkada sebelumnya dimana kedua wilayah perbatasan belum dilakukan pendataan bersama antara penyelenggara lintas batas yakni KPU Soppeng dan KPU Barru dalam wilayah pengawasan bawaslu masing- masing.

Kegiatan kordinasi kedua kalinya yang sebelumnya bertempat dikantor KPU Soppeng dan Bawaslu Kabupaten Soppeng dimana melahirkan kesepahaman untuk melakukan kunjungan lapangan yang langsung ke wilayah TPS yang sudah ditetapkan oleh kedua penyelenggara yakni KPU Barru dan KPU Soppeng.

Kordinasi ini sedikit meringankan tugas pengawasan dikarenakan hal hal yang menjadi obyek pengawasan yang sesuai dengan hasil identifikasi titik kerawanan sudah menjadi titik perbaikan sebelum melakukan saran pendapat serta tidak lagi menjadi temuan oleh pengawas karena sudah diperbaiki sebelum menjadi temuan panwas, maka dengan kordinasi tersebut menyelesaikan dan meringankan beban panwas sebagaimana perbaikan data sebelum menjadi temuan.

Harapan dalam kordinasi ini agar kedepan khususnya tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih tetap berlanjut kordinasinya baik sebelum penetapan DPS maupun setelah penetapan dan ssmpai penetapan DPT agar senantiasa menjadi prioritas dalam perbaikan data pemilih dimana data pemilih yang menjadi dasar didalam melakukan atau memberikan hak pilihnya pada waktu hari pelaksanaan pemungutan suara ditps.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *