Tetapkan Pemenang Hasil Suara, KPU Akan Menetapkan Paslon Terpilih

oleh

BARRUPOS.ID-Suardi Saleh dan Aska Mappe, yang hampir dapat dipastikan bakal menjadi Bupati Kabupaten Barru dan Waki Bupati Barru tahun 2020.

Suardi Saleh-Aska Mappe, telah ditetapkan sebagai pemenang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Barru.

Pasangan nomor urut 2 (dua) yang dikenal dengan Jargon SS AK ini menang dengan selirih suara 12 ribu suara dari pasangan nomor urut 3 Malkan Amin– Andi Salahuddin Rum.

Pleno dimulai sejak Rabu sekira pukul 09.00 Wita dan berakhir Kamis (17/12/2020) pukul 17.00 sore dipimpin langsung ketua KPU Syarifudin H Ukkas didampingi empat komisioner KPU lainnya.

“Dengan ini KPU Kabupaten Barru menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barru 2020,” tegas Syarifudin dengan tiga ketukan palu sidang.

Pasangan Suardi Saleh dan Aska Mappe no urut 2 menjadi pemenang Pilkada Barru 2020 dengan perolehan suara 46.30%.

Pasangan berjargon SS Mappe ini unggul dari pasangan Malkan Amin dan Andi Saahuddin Rum no urut 3, yang hanya memperoleh 33.94%.

Sementara diposisi ketiga, ada pasangan nomor urut 1, Mudassir Hasri Gani dan Aksa Kasim dengan perolehan 19.76%.

Dengan telah ditetapkanya rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barru 2020, tugas KPU belum selesai. Sebab KPU masih menunggu tiga hari setelah penetapan ini terkait ada tidaknya gugatan terkait dinamika-dinamika yang ada dalam proses penetapan rekapitulasi hasil pengjitungan suara ini.

“Paling lambat lima hari, ada tidaknya gugatan, setelah adanya surat putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) maka KPU akan menetapkan Paslon terpilih,” jelasnya Syarifudin H Ukkas.

Laporan: Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *